Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Friday 12 July 2013

Daftar isi adalah hal yang urgen yang harus dimiliki oleh setiap karya tulis, yang berfungsi untuk mempermudah calon pembaca dalam menemukan materi-materi inti atau subbab tulisan.

Bagi si pembuat karya tulis, membuat daftar isi harus dapat dikuasai agar mempermudah dalam penyusunan karya tulis, seperti makalah, laporan, resensi dan sebagainya. 
Namun, yang sering dijumpai dalam pembuatan daftar isi adalah tidak adanya pengetahuan pembaca dalam mebuat titik-titik yang biasa memisahkan antara judul subbab dan letak halamannya. Maka dipostingan ini kami akan berbagi cara pembuatan titik-titik secara singkat pada pembuatan daftar isi, berikut langkah-langkahnya:
1.      Blok seluruh bagian daftar isi anda, dan buat dua tanda  pada mistar/ruller atas dokumen anda sebagai batas titik-titik daftar isi dan sebagai letak nomor halaman, ditunjukkan pada gambar dibawah pada ujung tanda panah.



2.      Letakkan pointer atau kursor anda pada akhir kalimat judul teratas daftar isi anda, sebagai contoh adalah pada akhir kalimat “Halaman Judul” diatas, kemudian tekan tombol tab dan akan berhenti dibawah mistar yang telah anda tandai sebelumya, seperti gambar:



3.      Blok dengan mengklik pada akhir kalimat “Halaman Judul” dan tahan klik-an sampai pada batas akhir titik-titik dimana letak kursor terakhir pada langkah 2, berikut gambarnya; 




4.      Double klik pada icon dibawah ini     

, dan akan muncul jendela seperti dibawah ini:



5.      Pilih Alignment “Decimal” dan Leader “2…..”. dan pilih Ok
6.      Maka titik akan terbentuk, seperti dibawah ini



Untuk memberi titik pada subbab atau bagian selanjutnya, seperti kata pengantar dan yang lainnya, maka hanya dengan mengetik nomor halaman pada akhir kalimat kata pengantar tersebut tanpa spasi dan meletakkan kursor diantara kata pengantar dan nomor halamannya kemudian menekan tombol tab, dengan syarat terlebih dahulu menggabungkan (membuat tanpa spasi) antara kata pengantar dan nomor halaman pada “Halaman judul” sebelumnya, kemudian menekan tombol Enter.

Demikian postingan kami, untuk pertanyaan dan masukannya silahkan memberi komentar pada kolom komnentar dibawah, terima kasih.

0 comments:

Post a Comment