Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Tuesday 9 July 2013

Setiap dari kita mungkin sering berhubungan dengan pengerjaan pengetikan tugas dalam bentuk dokumen, khususnya dalam wadah microsoft word. Apalagi bagi siswa dan mahasiswa yang menjadi korban metode pembelajaran ceramah, akan selalu dibebankan tugas pembuatan makalah, ressensi atau laporan yang mesti diketik, dengan tuntutan selengkap dan seindah mungkin.

Yang sering terjadi pada pengetikan makalah adalah sulitnya membuat jenis nomor halaman yang berbeda pada satu dokumen, yakni biasanya pada halaman kata pengantar dan daftar isi adalah nomor romawi kecil (I,ii, …) sedangkan pada halaman pendahuluan sampai penutup adalah angka biasa (1,2,…). Begitu pula dengan header dan footer dokumen. Adakalanya terdapat masalah yakni yang memiliki header dan footer hanyalah pada lembar tertentu sedangkan yang lain adalah kosong atau dengan header dan footer lain, maka hal ini akan sulit yang membuat kebanyakan orang membuat dokumen dengan file berbeda, yakni antara kata pengantar dan pendahuluan berada pada file yang berbeda.
Maka dari hal-hal diatas, maka kami sedikit berbagi ilmu tentang tata cara mengatur header, footer dan nomor halaman dokumen.
Jika halaman dokumen telah siap, maka lakukan langkah-langkah berikut:

1.          Letakkan kursor atau pointer pada awal kalimat dari paragraf yang paling pertama atau teratas pada lembar yang ingin header dan footer atau nomor halamannya dibuat beda dengan halaman lain.
2.        Pilih Page Layout -> Breaks -> klik “Next Page”, Beri header, footer dan nomor halaman pada dokument yang telah di break diatas, yakni pilih insert dan pilih sesuai kehendak,
3.        Tinjau halaman lain yang ingin dibuat lain header, footer dan nomor halamannya, jika masih mengikut header, footer atau nomor halaman pada lembar sebelumnya, maka blok header, footer dan nomor halamannya, kemudian lihat pada Menu “header & header tool -> Design”, kemudian lihat pada menubar navigation dan hilangkan tanda pada “link to previous” yang awalnya bertanda.
4.        Ubah format header, footer atau nomor halaman halaman yang baru dengan format yang lain sesuai pilihan.

Demikian postingan ini, jika masih ada kesalahan, atau pertanyaan, maka agan-agan sekalian dapat menuliskannya pada laman komentar dibawah, terima kasih. 

0 comments:

Post a Comment