Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Wednesday 19 November 2014

On 06:23 by Unknown in    No comments
Hai gan, dipostingan ini ane akan berbagi contoh laporan fisika modern ane yang berjudul PENGUKURAN e/m  BERDASARKAN PERCOBAAN J. J. THOMPSON. 

Contoh laporan ini tidak ane nampakkan langsung dihadapan agan, namun ane lampirkan dalam bentuk file yang agan dapat unduh langsung pada link yang disediakan dibawah postingan ini, dengan alasan untuk menjaga persamaan-persamaan dan analisis data yang terdiri atas angka-angka yang khawatirnya akan rusak jika dinampakkan langsung dihalaman ini.

Sebagai perkenalan atau gambaran dari praktikum ini, dibawah ini ane lampirkan abstraknya, silahkan dibaca...

Abstrak. Telah dilakukan ekperimen tentang pengukuran e/m berdasarkan percobaan J. J. Thomson yang bertujuan untuk memahami prinsip kerja dari percobaan J. J. Thomson, dan menentukan nilai e/m partikel elektron. Prinsip kerja dari percobaan J. J. Thomson ini, tegangan pemercepat (V) mengakibatkan filamen pada katoda menyala yang akhirnya akan membuat elektron menuju ke anoda dengan lintasan lurus. Namun, pada saat mencapai medan magnet yang ditimbulkan oleh kumparan Helmholtz yang dialiri arus listrik (I), membuat lintasan elektron menyimpang dari lintasan awalnya hingga berubah menjadi lingkaran. Lintasan elektron yang diakibatkan oleh kumparan Helmholtz berupa lingkaran yang akan berubah menjadi lebih kecil jika arus kumparan Helmholtz diperbesar, dan akan berubah menjadi lebih besar jika beda potensial (tegangan pemercepat elektron) dinaikkan. Dalam eksperimen ini akan ditentukan Jari-jari berkas lintasan elektron (r) dengan mengamati diamter yang terbaca pada perangkat perocabaan terlebih dahulu. Untuk penentuan e/m menggunakan persamaan .

Nilai e/m yang diperoleh pada eksperimen ini dapat dilihat sebagaimana pada tabel 2 berdasarkan pada kenaikan kuat arus listriknya. Melalui analisis grafik, nilai e/m yang diperoleh adalah .


KATA KUNCI: tegangan pemercepat, kumparan Helmholtz, jari-jari berkas lintasan elektron, e/m.

Kita langsung ke file contoh laporan ane, silahkan di donwload disini

Untuk Download, gunakan ID dan password 4Shared dibawah ini
ID            : hafid_rustam@yahoo.com
Password : 123456789


Sekian gan, jumpa lagi di contoh laporan fisika modern ane edisi selanjutnya .  .  . 

0 comments:

Post a Comment