Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Wednesday 8 May 2013

On 09:22 by Unknown in , ,    No comments


Bang Haji Roma Irama mengatakan bahwa “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya… begadang boleh saja, kalau ada perlunya,,,,,”,
Hal ini benar karena jika begadang dilakukan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat padahal kita telah mengorbankan waktu dan kesehatan kita, maka itu adalah suatu kesia-siaan, misalnya begadang untuk “jaga lilin”, buat contekan ujian, dan yang lainnyaJ. Maka itu, dari nasihat bang haji tersebut, begadang boleh dilakukan jika aktivitas tersebut mengandung manfaat, seperti misalnya nonton bola (karena saya juga penggemar bolaJ), ngeronda, dan aktivitas lainnya yang mengandung nilai plus. Salah satu kegiatan begadang yang umumnya dilakukan oleh kaum Mahasiswa adalah menggarap tugas seperti skripsi, laporan, belajar untuk ujian, dan yang lainnya. Kegiatan tersebut biasa oleh sebagian mahasiswa merupakan penerapan dari sistem SKS (Sistem Kebut SemalamJ). Apalagi jika deadline pengumpulannya adalah di esok pagi, maka hampir tidak dapat dipungkiri, dalam keadaan sempit seperti ini maka ide-ide akan muncul dengan lancar bak air yang jatuh, karena adanya suatu motto dari mereka yakni “The Power Of kepepetJ.
Itulah fenomenaa begadang yang banyak dijalani oleh semua orang, khususnya saya sebagai mahasiswaJ
Kesehatan adalah indikator terpenting yang mesti dimiliki oleh tubuh sebagaimana pepatah masyhur mengatakan bahwa harta yang paling mahal adalah kesehatan. Saat orang begadang, maka tidak dapat dipungkiri bahwa akan terjadi sedikit pengaruh pada kesehatannya, seperti yang banyak dialami orang seperti kurang darah, mudah sakit kepala, demam dan yang lainnya. Maka perlu kreativitas dari kita untuk mawas dari problematika tersebut.
Masalah-masalah tersebut diatas akan terasa tidak sia-sia jika aktivitas yang dibegadangkan adalah kegiatan-kegiatan positif.
Dalam postingan ini, saya akan berbagi beberapa tips untuk menjaga diri dari rasa kantuk saat begadang, khususnya saat sedang melakukan aktivitas yang mesti komplit secepatnya, seperti penyelesaian tugas dan laporan oleh para mahasiswa,
Hal pertama yang harus dilakukan sebagai persiapan adalah istrahat sebelum kegiatan begadang dimualai. Jika kita memiliki target untuk on work pada jam 01.00, maka kita sebaiknya tidur lebih awal minimal 2 jam sebelum itu. Hal ini dimungkinkan agar seluruh anggota tubuh kita bersiap terlebih dahulu, karena jika badan bekerja non-stop tanpa istrahat seperti tidur, maka daya tahan tubuh akan menurun, rentang terhadap segala jenis penyakit.
Kemudian, yang perlu dilakukan adalah mencari “teman begadang” seperti kopi atau susu, disini saya merekomendasikan susu agar nutrisi cairan dalam tubuh kita dapat teratasi. Pengalaman pribadi saya, saat sedang mengerjakan tugas disaat begadang, maka akan timbul sedikit nyeri di kepala, maka susu adalah solusi terbaik untuk hal tersebut,,, pun kopi juga baik dalam hal menjaga mata dari kantuk, namun tidak dapat dihindari bahwa beberapa kopi instan (merk-merk yang banyak dipasaran) tidak dapat menghindarkan kita dari kantuk, bahkan ada beberapa yang justru membuat mata kita cepat terkulai.
Untuk teknisnya, khususnya saat menulis atau mengetik, hindari posisi berbaring, apalagi dekat dengan kasur, hal ini akan membuat kita merasa dirayu oleh benda-benda tersebut untuk bergumul bersama merekaJ, maka perlu usaha dari begadangers sekalian..
Perlu waktu jeda paling lama 10 menit saat melakukan suatu aktivitas, karena jika dilakukan secara non-stop, maka tidak akan dipungkiri bahwa tubuh akan merasa lelah dan akan terstimulasi untuk tidur.
Cari teman nyata (manusiaJ) untuk bersama-sama bagadang, seperti saat menggarap tugas apalagi mengerjakan laporan penelitian atau praktikum. Hal ini bermanfaat agar saat kita sudah terbujuk oleh rayuan dewi mimpi, maka teman tersebut akan menyelamatkan kita unutk melanjutkan apa yang sedang kita kerjakan.
Bila aktivitas yang kita begadangkan tersebut telah tuntas atau telah selesai, maka hindari untuk langsung mengambil air untuk bath (mandi), karena orang tua-tua memiliki beberapa alibi bahwa jika hal tersebut dilakukan, maka dapat membahayakan nyawa kita,,, katanya,
tapi kita harus was-was dengan hal tersebut (bisa saja benarJ)
Semua tips tersebut mungkin berlaku relatif, maka perlu filterisasi dari pembaca untuk menyesuaikan diri,
Demikian sedikit tips dari saya, semoga begadang kita sukses, dan kesehatan kita selalu terjaga, amin.

0 comments:

Post a Comment