Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Saturday 20 September 2014

On 06:09 by Unknown in ,    No comments
Banyak orang berargumen bahwa penyakit mata yang ditandai dengan mata merah dapat berpindah pengidap melalui pandangan. Bahkan hal ini telah menjadi mitos yang menyebabkan kesalah pahaman orang tentang penyakit ini.

Jika dipikirkan berulang kali, tentunya hal ini tidaklah logis, bagaimana mungkin hanya dengan memandang, penyakit ini dapat menjangkiti orang...

apakah kumannya dapat terbang?

apakah penyakit mata memiliki medium berupa udara?

Jawaban pertanyaan ini dijawab oleh DR, OZ dalam salah satu reality show Trans TV.
Jawabannya adalah seperti ini:
Memandangi orang berpenyakit mata tidaklah menjadi sebab menularnya penyakit mata. Namun dengan cara lain.

Pada orang yang menderita penyakit mata, biasanya ada sebuah cairan kuning kental yang keluar dari kelenjar keluaran pada ujung mata.

Cairan kental ini sesungguhnya berisi kuman penyebab sakit mata. Pada umumnya untuk membersihkan cairan ini dari mata, orang lebih sering menggunakan tangan secara langsung maupun tisu atau serbet.

Disinilah letak perpindahan atau penularan penyakit ini. Jika menggunakan tangan kemudian tangan tersebut memegang benda disekitarnya, tentu benda tersebut akan terjangkiti kuman yang berasal dari tangan tadi. Jika orang lain melakukan kontak dengan benda tersebut, maka ia akan terjangkiti oleh si kuman tadi.

Nah disinilah proses penularan penyakit mata.

0 comments:

Post a Comment