Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Tuesday 30 September 2014

On 20:26 by Unknown in    No comments
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Proses pengajaran akan lebih hidup dan menjalin kerjasama diantara siswa, maka proses pembelajaran dengan paradigma lama harus diubah dengan paradigma baru yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam berpikir, arah pembelajaran yang lebih kompleks tidak hanya satu arah sehingga proses belajar mengajar akan dapat meningkatkan kerjasama diantara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, maka dengan demikian siswa yang kurang akan dibantu oleh siswa yang lebih pintar sehingga proses pembelajaran lebih hidup dan hasilnya lebih baik.
Banyaknya model, metode, serta strategi pembelajaran yang berkembang di dunia banyak diterapkan di kalangan kependidikan dalam menerapkannya kepada peserta didik. Namun tak boleh dilupakan bahwa tokoh-tokoh masyarakat terdahulu khususnya daerah bugis. Seperti Lamaddukelleng yang memiliki filosofi terkenal di daerah bugis. Filosofi tersebut menyatukan dan membentuk karakter setiap jiwa orang bugis dalam menjunjung tinggi melebihi dari gotong royong, adalah suatu kebersamaan antar individu maupun kelompok.
Berdasarkan pandangan diatas, maka permasalahan yang muncul adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara yang tepat. Salah satu solusinya yaitu dengan mengembangkan suatu pembelajaran denagn menanamkan nilai-nilai budaya pada daerah sekitarnya yang membuat akan siswa lebih senang dan lebih termotivasi untuk belajar. Beberapa filosofi kebudayaan yang dianggap efisien akan dijelaskan penulis tentang pada makalah ini.


B.     Rumusan Masalah
           1.      Apa makna Model Pembelajaran “A’bulo Sibatang” ?
           2.      Bagaimana cara Pendekatan Pembelajaran “Rebba Sipatokkong” ?
           3.      Bagaimana Strategi  Pembelajaran “Samaturu” ?
           4.      Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran “Mali Siparappe, Tallang Sipahua?
           5.      Bagaimana Teknik Pembelajaran”Siri na Pacce” ?

C.    Tujuan Penulisan
           1.      Memahami  filosofi “A’bulo Sibatang” sebagai model pembelajaran
           2.      Mengetahui cara pendekatan pembelajaran dengan filosofi “Rebba Sipatokkong”
           3.      Mengetahui strategi  pembelajaran berdasarkan filosofi “Samaturu”
           4.      Memahami penerapan metode pembelajaran “Mali Siparappe, Tallang Sipahua”
           5.      Mampu menerapkan teknik pembelajaran ” Siri na Pacce”



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Model Pembelajaran “A’bulo Sibatang”
Model pembelajaran adalah pola atau rencana yang dapat digunakan untuk mengoperasikan kurikulum. Merancang materi pembelajaran, dan untuk membimbing belajar dalam setting kelas atau lainnya.
Filosofi a’bulo sibatang adalah sebatang bambu yang dimaknai sebagai bentuk kesatuan dan
kebersamaan yang kuat. Pohon bambu yang sebelum muncul dipermukaan tanah, akarnya telah tersebar luar didalam tanah dan membuat pondasi yang begitu kuat untuk menopang batang-batang bambu tersebut. Ibaratnya kesatuan kelompok masyarakat ini telah terbentuk sedemikian kuat walaupun kesatuan itu belum muncul. Setelah tumbuh, batang bambu tersusun oleh ruas-ruas yang saling bersama memperkokoh batang bambu. Ibarat dari ruas-ruas tersebut adalah sekelompok orang yang bersatu mempertahankan apa yang mereka miliki dengan cara berhimpun bersama-sama.
Dihubungkan dengan model pembelajaran, yang merupakan penghimpun dari pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran, menjadi suatu model pembelajaran “A’bulo Sibatang”.
Selama ini, para guru sering menggunakan  model  kerja  kelompok  dalam  pembelajarannya.  Namun,  pada  model pembelajaran  ini  pembagian  kelompok  peserta  didik  masih  kurang  heterogen,  tidak memperhatikan  tingkat  kepandaian,  atau  latar  belakang  peserta  didik.   Untuk memahami pengertian model pembelajaran ini sebaiknya kita membedakannya dengan pembelajaran  secara  kelompok.  Model Pembelajaran “A’bulo Sibatang”  adalah  suatu  model  yang  menekankan  pada  sikap  atau  perilaku  bersama  dalam  bekerja  atau membantu  di  antara  sesama  dalam  struktur  kerjasama  yang  teratur  dalam  kelompok, yang  terdiri  atas  dua  orang  atau  lebih.  Keberhasilan  kerja  sangat  dipengaruhi  oleh keterlibatan  dari  setiap  anggota  kelompok  itu  sendiri.  Model Pembelajaran “A’bulo Sibatang”  ini  juga memandang bahwa keberhasilan dalam belajar bukan semata-mata harus diperoleh dari guru,  melainkan  bisa  juga  dari  pihak  lain  yang  terlibat  dalam  pembelajaran  itu,  yaitu teman sebaya. Jadi keberhasilan belajar dalam pendekatan ini bukan hanya ditentukan oleh kemampuan individu secara utuh, melainkan perolehan itu akan baik bila dilakukan secara bersama-sama dalam kelompok kecil yang terstruktur dengan baik.

B.     Pendekatan Pembelajaran “Rebba Sipatokkong”
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Pendekatan pembelajaran merupakan aktifitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran tentu tidak kaku harus mennggunakan pendekatan tertentu, tetapi sifatnya lugas dan terencana. Artinya memilih pendekatan disesuaikan dengan kebutuhan materi ajar yang dituangkan dalam perencanaan pembelajaran.
Filosofi “Rebba Sipatokkong” yang berarti jatuh sama-sama bangkit. Dengan kata lain, “Rebba Sipatokkong” menekankan pada pendekatan belajar yang bersifat konstruktif (saling membangun) dan berorientasi pada peserta didik. Di dalam konteks pembelajaran “Rebba Sipatokkong”,  ilmu  pengetahuan  tidak  boleh  wujud  diluar  minda  tetapi  dibina  dalam minda  berdasarkan  pengalaman  sebenar  iaitu  pengetahuan  dibina  melalui proses pengaruh di antara pembelajaran terdahulu dengan pembelajaran terbaru yang  berkaitan.
C.    Strategi  Pembelajaran “Samaturu”
Kompetensi Supervisi Akademik merupakan salah  satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengawas satuan pendidikan. Kompetensi ini berkenaan  dengan  kemampuan  pengawas  dalam  rangka  pembinaan  dan  pengembangan kemampuan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan bimbingan di sekolah/satuan pendidikan. Secara spesifik pengawas satuan pendidikan harus memiliki kemampuan untuk membantu guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Strategi merupakan pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Secara umum strategi dapat diartikan sebagai suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi juga bisa diartikn sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Filosofi “Samaturu” bermakna mendalam melebihi dari makna gotong royong pada masyarakat pada umumnya. Strategi Pembelajaran Samaturu menekankan pada peningkatan kerja sama antarsesama peserta didik serta penguasaan materi yang merata pada setiap peserta didik tersebut. Strategi Samaturu cenderung mengarah pada kerja kelompok dimana semua siswa diupayakan untuk bekerja sama menyumbang pikiran diantara sesame mereka dalam memecahkan masalah belajar yang didapatkan selama proses belajar. Strategi Pembelajaran ini digunakan sejak dahulu di ranah Bugis dalam tatanan masyarakat guna menciptakan ikatan emosional dan silaturahmi. Dalam konteks dunia pendidikan, Samaturu diharapkan dapat memicu kekompakan siswa atau peserta didik dan keseragaman pengetahuan diantara mereka.

D.    Metode Pembelajaran “Mali Siparappe, Tallang Sipahua”
Metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur.  Atau pengertian lainnya yaitu teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk mengajar dan menyajikn bahan pelajaran pada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun secara kelompok / klasikan, agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.
Berdasarkan definisi / pengertian metode pembelajaran yang dikemukakan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan.
Kemampuan dalam bidang akademik yang dapat dioptimalkan lewat semboyan bulukumba yakni “Mali’ Siparappe, Tallang Sipahua” kita juga dapat mengembanyakan kreatifitas para anak didik dengan berpacu pada selogan makna filosofi dari Bulukumba BERLAYAR bahwa kreatifitas juga sangat berperan penting dalam dunia untuk meraih  hal yang luar biasa. Sehingga sebaiknya para pendidik bisa memberikan wadah para pelajar untuk saling bersatu agar anak didik bisa saling membantu dalam menyelesaikan tugas. Namun para pendidik harus bisa menyikapi pelajar yang dibinahnya karena terkadang ketika kita menyatukan anak didik secara keseluruhan dalam satu kelas maka sering terjadi disconnect dari segelintir anak didik dengan  rekan mereka. Semua itu disebabkan volume kelompok mereka terlalu besar. Maka sebaiknya para pendidik harus menggunankan metode pembelajaran yang singkron dengan semboyan para pelaut Kab.Bulukumba.
Metode ini menekankan pada kerja keras peserta didik dalam berpikir dan bekerja sama dalam hal menangkap apa yang diajarkan oleh pendidik.

E.     Teknik Pembelajaran “Siri na Pacce”
Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
Filosofi “Siri na Pacce” adalah sebuah ajaran moral masyarakat Bugis-Makasar, yang menganjurkan untuk saling menjaga harga diri satu sama lain, agar tidak merasa malu atau dipermalukan serta saling menjaga dalam setiakawanan dalam bermasyarakat, dan tidak mementingkan diri sendiri. Seseorang harus menjunjung tinggi semboyan ini karena jika tidak maka cenderung tidak memiliki rasa malu, harga diri, dan kepedulian sosial. Teknik pembelajaran Siri na Pacce adalah menyatukan peserta didik dalam sebuah system belajar agar sesuai dengan yang diharapkan dalam metode pembelajaran sebelumnya. Filosofi ini telah tertanam dalam masayarakat Bugis sejak lama dengan wujud terciptanya kesetiakawanan yang dalam konteks pendidikan formal akan menciptakan peserta didik yang memiliki simpati kepada sesamanya sehingga suasana belajar akan nyaman dan sesuai harapan mereka.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Penerapan Model Pembelajaran “A’bulo Sibatang”, Pendekatan Pembelajaran “Rebba Sipatokkong”, Strategi Pembelajaran “Samaturu”, Metode Pembelajaran “Mali Siparappe, Tallang Sipahua””, serta Teknik Pembelajaran “Siri na Pacce” dapat meningkatkan mutu belajar peserta didik dengan penanaman nilai-nilai budaya bugis peninggalan leluhur daerah bugis. Dengan dituntut untuk bekerja sama dalam segala hal pembelajaran serta memiliki satu rasa pada setiap individu untuk mempedulikan individu lainnya, hal ini dapat mengikis sifat keegoismean.
B.     Saran
Penanaman nilai-nilai budaya kepada peserta didik serta memberikan pemahaman tentang filosofi budaya bugis dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik.




DAFTAR PUSTAKA

http://abazariant.blogspot.com/2012/10/makalah-model-pembelajaran-kooperatif.html
http://dedi26.blogspot.com/2012/06/pengertian-strategi-pembelajaran.html
http://rikarahmadani.blogspot.com/2012/01/makalah-pendekatan-metode-model.html

http://www.akhmadSudrajablogspot.ac.id http://www.sarjanaku.com/2011/03/strategi-pembelajaran.html
On 19:29 by Unknown in    No comments
Di suatu tempat, salah satu negara berkembang ada sebuah peresmian peternakan ikan yang dananya mendapat bantuan dari bank dunia. Untuk go public, undangan pun disebar ke seluruh dunia. Dalam perjalanan menuju tempat pengguntingan pita, terjadi dialog di antara para tamu undangan.






Tamu dari Jepang :   Di negara saya tidak perlu tambak ataupun perternakan ikan seperti ini, kalau kami mau makan ikan, pergi saja ke sungai bawa tangguk, cidukkan ke sungai, dua atau tiga kali ciduk pasti dapat ikan.

Tamu dari Korea :    Itu belum seberapa di tempat saya, sekali tangguk saja sudah dapat ikan.

(sementara wakil dari Indonesia mau ngomong, e.. keduluan dari Cina)

Tamu dari Cina :    Eehh, Tuan-tuan masih kalah di negara gua, tidak usah pakai tangguk, pakai saja gayung sudah dapat ikan 2 ekor.


Tamu dari Indonesia: He... bapak-bapak, ente tidak pernah ke Indonesia 'kan... Di negara saya, di setiap sungai, kalau kita mau ambil air satu ember saja susah banget, kita harus usir ikan- ikan yang ada di sungai, baru kita ambil airnya.
On 19:20 by Unknown in ,    No comments
Cerita Ngakak lagi nih gan ...

Khusus bagi pengendara motor ngak usah khawatir akan efek kenaikan BBM, soalnya ada solusi yg sangat jitu dan telah terbukti oleh para ilmuan di Amerika. Dari hasil uji lab yg dilakukan oleh para ilmuwan, membuktikan bahwa air teh dapat dijadikan alternatif baru pengganti BBM.

Caranya:
1. Gunakan wadah berupa gelas, cangkir, dll
2. Siapkan teh (teh celup, teh hijau, atau apalah yg penting teh) secukupnya
3. Siapkan gula pasir 1 sendok makan.
4. Didihkan air panas hingga 90 derajat celcius.
5. Masukkan teh kedalam air mendidih, lalu masukkan gula.
6. Campur dengan es, lalu masukkan ke dalam botol. selesai.


Mudah bukan, setelah itu tinggal dorong deh tu motor, kalau haus minum itu teh. Terbukti motor tetep jalan tanpa menggunakan BBM.
On 19:06 by Unknown in    No comments
Ini ane persembahkan cerita ngakak dari buku "Tertawalah mumpung masih gratis", Check This Out..

Ngga selamanya merokok itu negatif... Ini contohnya...

Hal Positif Dari Merokok

1.   Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah  merokok.
2.  Menghindarkan dari perbuatan jahat karena tidak pernah ditemui  orang yang membunuh, mencuri dan berkelahi sambil merokok.
3.   Mengurangi resiko kematian: Dalam berita tidak pernah ditemui orang yang meninggal dalam posisi merokok.
4.   Berbuat amal kebaikan: Kalau ada orang yang mau pinjam korek api paling tidak sudah siap / tidak mengecewakan orang yang ingin meminjam.
5.   Baik untuk basa-basi / keakraban: Kalau ketemu orang misalnya di Halte kita bisa tawarkan rokok. Kalau basa-basinya tawarkan uang kan nggak lucu.
6.   Memberikan lapangan kerja bagi buruh rokok, dokter, pedagang asongan dan perusahaan obat batuk.
7.   Bisa untuk alasan untuk tambah gaji karena ada post untuk rokok dan resiko baju berlubang kena api rokok.
8.   Bisa menambah suasana pedesaan / nature bagi ruangan ber AC dengan asapnya sehingga se-olah² berkabut.
9.   Menghilangkan bau wangi²an ruang bagi yang alergi bau parfum.
10.  Kalau mobil mogok karena busi ngadat tidak ada api, maka sudah siap api.
11. Melatih kesabaran dan menambah semangat pantang menyerah karena bagi pemula merokok itu tidak mudah, batuk² dan tersedak tapi tetap diteruskan (bagi yang lulus).
12. Untuk indikator kesehatan: Biasanya orang yang sakit pasti dilarang dulu merokok. Jadi yang merokok itu pasti orang sehat.
13. Menambah kenikmatan: Sore hari minum kopi dan makan pisang goreng sungguh nikmat. Apalagi ditambah merokok!
14. Tanda kalau hari sudah pagi, kita pasti mendengar ayam merokok.
15. Anti maling, waktu perokok batuk berat di malam hari.
16. Membantu shooting film keji, rokok digunakan penjahat buat nyundut jagoan yang terikat dikursi... Ha³ penderitaan itu pedih jendral...!!!
17. Film Koboy pasti lebih gaya kalau merokok sambil naik kuda, soalnya kalau sambil ngupil susah betul.
18. Teman boker yang setia.
19. Bahan inspirasi dan pendukung membuat Tugas Akhir, sehingga seharusnya dicantumkan terima kasih untuk rokok pada kata sambutan... Gile kali yeee.
On 18:54 by Unknown in ,    No comments
Tidur adalah suatu "kegiatan" yang dilakukan oleh hampir semua orang. 

Cukup aneh bahwa seseorang yang gemar tidur disebut pemalas, atau orang yang tidak suka melakukan kegiatan apa-apa.

Nah, berikut adalah jenis-jenis tidur yang musti diketahui:

* Tidur ayam, suatu usaha untuk meniru sikap ayam yang sedang tidur.

* Tidur-tiduran, bukan tidur beneran tetapi sesuatu yang mirip tidur.

* Tidur terlentang, tidur dengan bagian depan tubuh menghadap keatas, biasanya dengan mulut etengah terbuka dibarengi dengan suara mengorok yang kadangkala keras, kadangkala lirih. Sebaiknya tidak  dilakukan karena sangat berbahaya menelan alat pertukangan "tang".


* Tidur tengkurap, tidur dengan bagian belakang tubuh menghadap ke atas, biasanya dengan air liur berleleran, atau yang disebut juga ngiler.

* Tidur sambil memeluk bantal guling, biasanya dilakukan oleh orang-orang jomblo sambil memimpikan sang kekasih yang tak kunjung diperolehnya. Jika dilakukan oleh orang yang sudah menikah, besar kemungkinannya orang itu ingin memiliki istri atau suami muda.

* Tidur pulas adalah jenis tidur yang pelakunya sangat sulit untuk dibangunkan. Tentang tidur seperti ini ada suatu peribahasa yang berbunyi: "tidur bagai kerbau".

* Tidur REM adalah tidur sambil bermimpi sedang mengemudikan kendaraan dan dalam mimpi itu, ia sedang menekan atau menginjak rem kuat-kuat.

* Pingsan ini bukan jenis tidur yang dilakukan dengan sukarela, tetapi terpaksa karena suatu hal, isalnya tak tahan dengan terik sinar matahari atau karena terpukul.

* Terhipnotis juga merupakan jenis tidur terpaksa, yang biasanya dilakukan di panggung sulap atau di tempat praktek psikolog.

* Ketiduran adalah jenis tidur yang dilakukan tanpa sadar, walaupun semua orang yang sedang tidur itu berada dalam keadaan tidak sadar

Monday 29 September 2014

On 22:42 by Unknown in ,    No comments
Hai gan, dipostingan ini saya akan berbagi Shortcut Pada Microsoft Word yang ane peroleh dari file senior saya. Ketika saya membacanya saya tertarik untuk menshare nya kepada warga blogger, berikut pembahasannya.

Program pengolah kata yang satu ini tentunya sudah sangat familiar bagi kita semua. Word telah menjadi standar program pengetikan bagi pemakai komputer secara umum. Ada kalanya dalam proses pengetikan kita bosan menggunakan mouse, kita bosan dengan bunyi “Klak-Klik” setiap saat, ataupun kita adalah seorang profesional dimana waktu adalah segalanya dan kita ingin bekerja secara cepat. 

Dalam situasi ini kita dapat menggunakan tombol-tombol pintas (shortcut) untuk mengakses perintah-perintah yang ada dalam Word. Tentunya menu seperti Crtl + C untuk meng-copy dan Ctrl + V untuk paste sudah sangat akrab dan sangat sering kita gunakan, namun selain kedua shortcut tersebut ternyata Word masih banyak menyimpan segudang shortcut yang dapat kita gunakan, berikut daftar-daftar sebagian shortcut yang dapat kita pakai :

All Caps Ctrl+Shift+ A
Annotation Alt+Ctrl+ M
App Maximize Alt+ F10
App Restore Alt+ F5
Bold Ctrl+ B
Bold Ctrl+Shift+ B
browse next Ctrl+ Page Down
Browse Prev Ctrl+ Page Up
Browse Sel Alt+Ctrl+ Home
Center Para Ctrl+ E
Change Case Shift+ F3
Char Left Extend Shift+ Left
Char Right Extend Shift+ Right
Close or Exit Alt+ F4
Close Pane Alt+Shift+ C
Column Break Ctrl+Shift+ Return
Column Select Ctrl+Shift+ F8
Copy Ctrl+ C
Copy Ctrl+ Insert
Copy Format Ctrl+Shift+ C
Copy Text Shift+ F2
Cut Ctrl+ X
Cut Shift+ Del
Delete Word Ctrl+ Del
Dictionary Alt+Shift+ F7
Doc Close Ctrl+ W
Doc Close Ctrl+ F4
Doc Maximize Ctrl+ F10
Doc Move Ctrl+ F7
Doc Restore Ctrl+ F5
Double Underline Ctrl+Shift+ D
Font Ctrl+ D
Font Ctrl+Shift+ F
Font Size Select Ctrl+Shift+ P
Grow Font Ctrl+Shift+ .
Grow Font One Point Ctrl+ ]
Italic Ctrl+ I
Italic Ctrl+Shift+ I
Justify Para Ctrl+ J
Left Para Ctrl+ L
Lock Fields Ctrl+ 3
Lock Fields Ctrl+ F11
Macro Alt+ F8
Mail Merge Edit Data Source Alt+Shift+ E
Mail Merge to Doc Alt+Shift+ N
Merge Field Alt+Shift+ F
New Ctrl+ N
Open Ctrl+ O
Open Ctrl+ F12
Open Alt+Ctrl+ F2
Open or Close Up Para Ctrl+ 0
Outline Alt+Ctrl+ O
Page Alt+Ctrl+ P
Page Break Ctrl+ Return
Paste Ctrl+ V
Paste Shift+ Insert
Paste Format Ctrl+Shift+ V
Print Ctrl+ P
Print Ctrl+Shift+ F12
Print Preview Ctrl+ F2
Print Preview Alt+Ctrl+ I
Redo Alt+Shift+ Backspace
Redo or Repeat Ctrl+ Y
Redo or Repeat F4
Redo or Repeat Alt+ Return
Replace Ctrl+ H
Right Para Ctrl+ R
Save Ctrl+ S
Save Shift+ F12
Save Alt+Shift+ F2
Save As F12
Select All Ctrl+ A
Select All Ctrl+ Clear (Num 5)
Select All Ctrl+ Num 5
Select Table Alt+ Clear (Num 5)
Show All Ctrl+Shift+ 8
Shrink Font Ctrl+Shift+ ,
Shrink Font One Point Ctrl+ [
Shrink Selection Shift+ F8
Small Caps Ctrl+Shift+ K
Style Ctrl+Shift+ S
Subscript Ctrl+ =
Superscript Ctrl+Shift+ =
Symbol Font Ctrl+Shift+ Q
Thesaurus Shift+ F7
Tool Shift+ F1
Underline Ctrl+ U
Underline Ctrl+Shift+ U
Undo Ctrl+ Z
Undo Alt+ Backspace
VBCode Alt+ F11
Word Left Ctrl+ Left
Word Underline Ctrl+Shift+ W

Semoga tombol-tombol shortcut diatas dapat membantu kita dalam pemakaian aplikasi dalam Word. Semoga dapat bermanfaat.
On 22:38 by Unknown in ,    No comments
Salah satu cara untuk meningkatkan sekuriti PC kita adalah dengan memberikan password pada sistem BIOS (Basic Input Output System). Ini merupakan cara yang amat handal. Karena yang mula – mula diakses oleh komputer sebelum harddisk atau diskdrive adalah BIOS. 

Namun yang menjadi permasalahan adalah bagaimana bila kita sendiri lupa dengan password BIOS yang kita buat ? Jangankan harddisk, disket saja tidak akan bisa dibaca… Umumnya BIOS mempunyai password yang sifatnya default (bawaan) yang tujuan diadakannya password default tersebut agar memudahkan para teknisi di perusahaan BIOS tersebut dalam bekerja. 

Berikut ini password – password default yang berhasil penulis kumpulkan, dengan catatan : 

1. Password – password tersebut tidak berlaku pada BIOS keluaran terbaru,
2. Password tersebut hanya berlaku untuk BIOS produksi AWARD,
3. Admin tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan password tersebut. 

Passwordnya adalah : AWARD, AWARD SW, AWARD_SW, AWARD_PS, 589589, 595595, AMI, condo, j262, j64, j322, LKWPETER, SZYX, Kombinasi dari huruf besar dan huruf kecil password – password di atas.

On 22:28 by Unknown in ,    No comments
 Kita mungkin terbiasa dengan menghapus file dengan cara – cara yang telah umum. Seperti menekan tombol keyboard ‘del’ atau ‘Shift’ + ‘del’ atau dengan mengklik kanan mouse kemudian memilih delete. Dengan cara tersebut memang dapat ‘menghapus’ file, tetapi perlu anda ketahui bahwa telah banyak program yang dapat ‘membangkitkan’ file yang telah dihapus dengan fasilitas Undelete. Contohnya seperti Norton Unerase, recuva dan yang lainnya. 

Dapat dibayangkan bila file – file perusahaan yang rahasia yang tidak terpakai lagi yang kita tahu telah kita ‘hapus’ dan ternyata file tersebut dapat di-undelete oleh saingan perusahaan tersebut. Berarti perusahaan lawan tersebut telah mendapat data yang amat berharga. 

Untuk itulah saya sarankan agar anda menginstall program yang dapat menghapus file dengan sebenar – benarnya. Atau bila ingin yang mudah, kita cukup membuka dokumen tersebut – misalnya dokumen Word, kemudian pilih Select All dan hapus dokumen tersebut. Setelah itu simpan dengan nama yang sama atau dengan memilih menu Save (bukan Save As). 

Dalam hal ini berarti anda telah menyimpan suatu dokumen yang kosong. Akhirnya hapus file tersebut. Bila ternyata file yang telah dihapus itu dapat dibangkitkan dengan Undelete, maka dia akan mendapati dokumen yang telah kosong. Praktis dan aman.
On 16:32 by Unknown in ,    No comments
Di postingan ini saya akan membagikan kepada anda materi Belajar dan Pembelajaran yang terdiri atas 10 Bab. File ini berjenis Microsoft Word dan Power Point (ppt), yang dapat anda jadikan sebagai bahan belajar tentang materi ini, khususnya anda para mahasiswa jurusan pendidikan. Juga dapat anda jadikan sebagai referensi tugas.

Sebelum melihat link downloadnya, terlebih dahulu saya akan mencoba memperkenalkan kepada anda apa itu Belajar dan Pembelajaran.

Belajar adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingakah laku yang baru secara keseluruhan, sebaga hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (slameto,2003). Belajar ialah sebagai proses kegiatan yang menimbulkan kelakuan baru atau merubah kelakuan lama sehingga seseorang lebih mampu memecahkan masalah dan menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi yang dihadapi dalam hidupnya (Sahabuddin,1997).

Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan terjadinya belajar pada diri pebelajar.pembelajaran merupakan set-set khusus pendidikan (AECT,1986 ). Tujuan pembelajaran dikaitkan langsung dengan perubahan tingkah laku. Dikatakan terkait langsung dengan perubahan tingkah laku,karena aspek-aspek perubahan tingkah laku telah dirumuskan dalam satuan pelajaran dengan menggunakan kata kerja operasional.rumusan tujuan pembelajaran merupakan pernyataan mengenai kemampuan atau tingkah laku yang diharapkan dikuasai pebelajar setelah ia menerima materi pembelajaran.

Itulah sedikit cuplikan dari materi ini, dan untuk urutan materi-materinya, silahkan di unduh pada susunan materi dibawah ini.
1. BELAJAR DAN MENGAJAR
2. KURIKULUMDALAM PERSPEKTIF SEJARAH DAN MAKNA
3. MANAJEMEN KURIKULUM
4. PSIKOLOGI PEMBELAJARAN
5. MODEL PEMBELAJARAN
6. STRATEGI BELAJAR DAN MENGAJAR
7. MEDIA PEMBELAJARAN
8. EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN
9. PEMBELAJARAN EFEKTIF
10. MANAJEMEN SEKOLAH


Cara download:

1. klik "download", maka akan muncul jendela berikut
klik login pada pojok kanan bawah, dan pada kolom login masukkan ID dan password dibawah ini:
   ID               : hafid_rustam@yahoo.com
   Password    : 123456789
2. setelah jendela login hilang, klik "unduh", disamping tombol "berbagi-bagi pakai"
3. Setelah muncul jendela baru, klik "Unduh Gratis" atau " free download", dan silahkan anda menunggu sampai muncul tulisan "unduh file" atau "download file" atau sampai IDM membaca file anda,,
On 02:22 by Unknown in , ,    22 comments
Microsoft telah merilis versi terbaru dari Microsoft Officenya yaitu Versi 2013. Versi ini akhirnya di rilis setelah 6 tahun sempat mempertahankan Office versi 2007. Jika dilihat dari tampilannya, ternyata Microsoft berusaha untuk menemani pengguna Windows 8, karena tampilannya yang Metro Style. 

Versi terbaru ini juga disediakan khusus oleh pengguna tablet atau perangkat elektronik lainnya yang menggunakan touch screen. Maka pantaslah dikatakan bahwa Microsoft Office 2013 ini sangat unggul dibandingkan versi sebelumnya dalam hal grafis dan yang lainnya.

Namun ada suatu masalah ketika pengguna microsoft office 2013 ini, khususnya Versi Word, ingin membukanya ti PC atau tempat lain yang masih menggunakan Versi 2007 maupun 2010. Masalah tersebut adalah rusaknya layout atau susunan dokumen word baik berupa spasi maupun format textnya. 

Pada postingan ini saya tidak ingin membahas apa yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, namun bagaimana Solusi agar dokumen Microsoft Word 2013 tidak berantakan/ rusak di Mirosoft Word 2007 dan 2010, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka terlebih dahulu dokumen word anda di Microsoft Word versi 2013 yang anda punya, kemudian klik file dan Export


2. Pada jendela export ini, kemudian pilih Change File Type


3. Pada kolom pilihan Change File Type, pilih Word 97-2003 Document, dan klik Save As



4. Akan Muncul jendela folder target untuk save as, dan pilih sesuai keinginan anda, kemudian klik Save


Untuk memastikan apakah dokumen anda telah berubah menjadi dokumen versi office word 2007/ 2010, lihatlah logo dokumen pada folder yang anda simpan. Berikut gambar logonya:


Cobalah untuk membukanya di PC atau Laptop yang menggunakan Microsoft Word Versi 2007/2010, InsyaAllah formatnya tidak rusak.

Demikian Solusi agar dokumen Microsoft Word 2013 tidak berantakan/ rusak di Mirosoft Word 2007 dan 2010, jika ada pertanyaan, silahkan memberikan komentar.

Sunday 28 September 2014

On 02:14 by Unknown in    No comments
Buku elektronik atau e-book adalah literasi yang biasa dinikmati oleh para pecinta baca dengan tanpa memerlukan ruang yang besar.

Hal ini dikarenakan e-book hanya berbentuk file yang dapat disimpan dalam komputer jinjing kita, sehingga untuk membacanya kita tidak repot-repot menggendong buku yang lumayan berat.

Di postingan ini, saya mencoba untuk membagikan beberapa e-book menarik kepada pembaca, silahkan di sorot dibawah ini:



1. 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah
2. 50 Cara Cerdas Menggunakan Waktu
3. 168 Jam dalam Sandera
4. 22 tokoh otodidak sejati yang merubah dunia
5. Tertawalah mumpung masih gratis
6. 7 Kebiasaan Manusia yang Efektif
7. Antara Negara dan Revolusi oleh Jacques Leclerc
8. Kumpulan Fakta Unik
9. Kick Andy-Kumpulan Kisah Inspiratif
10. Menjadi Penulis Buku Profesional

Demikian e-book dari saya, InsyaAllah pada postingan selanjutnya kami akan menambah koleksi e-book ini.

Cara download:

1. klik "download", maka akan muncul jendela berikut

klik login pada pojok kanan bawah, dan pada kolom login masukkan ID dan password dibawah ini:
   ID               : hafid_rustam@yahoo.com
   Password    : 123456789
2. setelah jendela login hilang, klik "unduh", disamping tombol "berbagi-bagi pakai"
3. Setelah muncul jendela baru, klik "Unduh Gratis" atau " free download", dan silahkan anda menunggu sampai muncul tulisan "unduh file" atau "download file" atau sampai IDM membaca file anda,,

Friday 26 September 2014

On 19:49 by Unknown in ,    No comments
Kurikulum 2013 ternyata berusaha untuk mempermudah kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Sebagai contoh adalah dengan diterbitkannya buku guru yang berisi Segala sesuatu yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran guru. Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya SILABUS pembelajaran dari SD-SMA/MA agar guru tidak lagi mendapat kesulitan dan menyeragamkan seluruh silabus yang ada di Indonesia.

Salah satu perangkat pembelajaran tersebut kini saya tautkan di postingan ini yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP. RPP ini khususn untuk kurikulum 2013 yang berisi format dan contohnya. Silahkan di unduh pada link dibawah ini


Jika ada yang ingin dipertanyakan berkaitan dengan RPP Kurikulum 2013 silahkan bertanya pada laman komentar dibawah postingan ini.

Cara download:

1. klik "download", maka akan muncul jendela berikut

klik login pada pojok kanan bawah, dan pada kolom login masukkan ID dan password dibawah ini:
   ID               : hafid_rustam@yahoo.com
   Password    : 123456789
2. setelah jendela login hilang, klik "unduh", disamping tombol "berbagi-bagi pakai"
3. Setelah muncul jendela baru, klik "Unduh Gratis" atau " free download", dan silahkan anda menunggu sampai muncul tulisan "unduh file" atau "download file" atau sampai IDM membaca file anda,,