Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Monday 23 December 2013

On 16:15 by Unknown in , ,    No comments


Perantauan..... adalah hal yang sedang dihuni oleh mayoritas mahasiswa. Di tanah rantaulah mahasiswa akan menjalani semua dinamika kehidupan sebelumnya. Tentu diperlukan sebuah periapan sebelumnya, dimulai dari tata krama yang baik, dan lainnya. Hidup dinegeri orang akan membuat setiap perantau akan membayangkan segala sesuatu yang bisa terjadi, salah satunya adalah keamanan atas keselamatannya. Keamanan bisa dalam bentuk keamanan tempat tinggal, keamanan tempat kerja atau tempat kuliah dan keamanan bersosial.
Berbicara mengenai tempat tinggal, di sini ana berbagi tips sedikit kepada para calon perantau. yah, karena ana bisa dibilang perantau senior,, hhh. Tempat tinggal ana di tanah rantau ini bisa dibilang aman dan nyaman. Nah bagi agan-agan calon perantau yang ingin tahu bagaimana tips memilih kos atau rumah kontrakan yang aman, nih ikutin postingan ana;

1.      Aman. Kategori memilih kos atau rumah kontrakan yang pertama adalah aman. Bayangkan apabila   semua barang hasil kiriman orang tua agan mendapatkan hal yang tidak diinginkan, pasti agan tidak ingin hal tersebut terjadi. Kriteria satu kos dapat dibilang aman jika yang pertama, carilah kos-kosan yang memiliki pagar besar dan dijamin nggak bisa di satroni maling. Kedua, hindari kos-kosan yang terletak dipemukiman kumuh dan terasing dari keramaian. Dengan cara ini dijamin aman. 

2.      Nyaman. Kriteria ini bisa dimulai dengan derajat kenyamanan agan sendiri. Dahulukan kos-kosan atau kamar kos yang memiliki Wc/ kamar mandi sendiri. Bayangkan jika WC umum, agan harus antri mandi padahal dosen ludah masuk.
Agan juga harus mengutamakan kos-kosan yang terletak dilantai 2, untuk menghindari banjir. 

3.      Bernuansa rohani. Carilah kos-kosan yang berdekatan dengan masjid. Kategori ini akan membuat agan selalu diingatkan untuk salat, dan menghindari kegiatan-kegiatan yang membawa pada maksiat.

Demikian tips dari ana, jika ada sesuatu yang kurang atau perlu ditambahkan silahkan menulisnya di kolom komentar agar para calon perantau dapat mengetahui secara Buol version, Hh.

0 comments:

Post a Comment