Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Wednesday 11 June 2014

On 22:30 by Unknown in , ,    No comments
“Ikatlah ilmu dengan tulisan” kata imam Syafi’i dalam setetes tinta pena nya.

Menulis merupakan hobi yang kini berubah menjadi kebudayaan yang sedang berkembang biak dilingkungan kawula muda, budaya Literasi istilah kerennya.

Betapa banyak pikiran, pengalaman dan curhatan tertimbun dalam sebuah deret literasi yang merupakan hasil karya terbaik sang penulis. Dapat kita jumpai dalam bentuk cerpen, essay, postingan di media maya, dan sebagainya.

Salah satu yang akan kami singgung adalah literasi melalui blog.
Mahasiswa Go Blog, adalah istilah yang sedang naik daun saat ini karena betapa banyak mahasiswa “galau” yang memanfaatkan statusnya sebagai seorang mahasiswa yang berpredikat makhluk kritis. Bloger-bloger mulai berceceran dengan menyuguhkan berbagai hidangan literasi mulai dari asmara, pendidikan, politik, traveling hingga sastra.

Mengembangkan budaya literasi melalui blog merupakan salah satu langkah efektif, karena melirik dunia saat ini dimana teknologi internet sedang berkuasa, ribuan bahkan ratusan juta mata sedang saling tatap dalam internet pada detik yang sama. Hal ini tentunya menjadikannya sebagai pintu yang lowong bagi para juragan ilmu untuk berbagi.

Tulisan yang diposting melalui blog dapat mengundang ketertarikan dari internet-er jika muatannya menraik dan sesuai minat mereka. Tulisan ini merupakan jendela sosialisasi jarak jauh yang dapat menghubungan siapa saja tanpa memerlukan waktu dan tempat yang rumit. Blog begitu setianya menyalurkan tulisan-tulisan setiap orang tanpa harus disortir terlebih dahulu, sehingga apapun yang ingin anda ungkapkan dalam tulisan, maka dalam kejapan mata ketika anda mengklik tombol publish, maka jutaan pembaca akan menunggu dihadapan komputer mereka. Bayangkan betapa setianya si-blog.

Namun miris menjumpai banyaknya blogger muda yang literasinya hanya ditujukan untuk mendapatkan si-kertas bertuliskan bank Indonesia. Betapa tidak, niat murni untuk berliterasi menjadi keruh akbat tujuan yang salah ini. Walaupun memang tidak salah bahkan luar biasa jika selain mengembangkan budaya menulis, kita pun dapat meraup pundi-pundi rupiah melalui iklan yang terpasang di blog kita. Namun jikalau niat mendapatkan rupiah lebih depan daripada ingin menuangkan tulisan melalui blog, maka hal ini sungguh riskan, karena kegiatan PLAGIAT akan menjadi jurus andalannya.

Maka diakhir tulisan ini, kami mengajak kepada pembaca khususnya sesama blogger untuk mengembangkan budaya literasi dan memurnikan niat untuk senantiasa berbagi ilmu melalui tulisan, dengan mengesampingkan niat lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya..

Bagi anda yang baru ingin mengunjungi dunia literasi, ayo semangat, karena tulisan melambangkan peradaban pribadi anda sendiri.

0 comments:

Post a Comment