Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Thursday, 16 May 2013

On 07:02 by Unknown in    No comments
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Makna akhir dari hasil pendidikan seseorang individu terletak pada sejauh mana hal yang telah dipelajari dapat membantunya dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan hidupnya dan pada tuntutan masyarakat. Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang didapat di sekolah dan di luar sekolah itu memiliki sejumlah pengetahuan, kecakapan, minat -minat, dan sikap-sikap. Dengan pengalaman-pengalaman itu ia secara berkesinambungan dibentuk menjadi seorang pribadi seperti apa yang dia miliki sekarang dan menjadi seorang pribadi tertentu di masa mendatang.


Seseorang tidak dilahirkan dalam keadaan telah mampu menyesuaikan diri atau tidak mampu menyesuaikan diri. Kondisi fisik, mental dan emosional dipengaruhi dan diarahkan oleh faktor-faktor lingkungan dimana kemungkinan akan berkembang proses penyesuaian yang baik atau yang salah. Sejak lahir sampai meninggal seorang individu merupakan organisme yang aktif. Ia aktif dengan tujuan dan aktifitas yang berkesinambungan. Ia berusaha untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan jasmaninya dan juga semua dorongan yang memberi peluang kepadanya untuk berfungsi sebagai anggota kelompoknya.
Penyesuaian diri adalah suatu proses. Dan salah satu fitur pokok dari kepribadian yang sehat mentalnya adalah memiliki kemampuan untuk mengadakan penyesuaian diri secara harmonis, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungannya. Untuk lebih jelasnya marilah kita tinjau secara lebih rinci pengertian dan proses penyesuaian diri, karakteristik penyesuaian diri remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka sebagai pemakalah kami mengangkat beberapa masalah, yakni:
1.      Bagaimanakah konsep penyesuaian diri remaja?
2.      Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian ini?
3.      Bagaimanakah permasalahan-permasalahan pada proses penyesuaian diri remaja?
4.      Bagaimana implikasi penyesuaian diri remaja terhadap pendidikan?

C.    Ruang Lingkup
Dari masalah-masalah yang diangkat sebelumnya, maka pemakalah mengatur ruang lingkup untuk materi yang akan dibahas yakni:
1.      Konsep penyesuaian diri remaja,
2.      Faktor yag mempengaruhi proses penyesuaian diri remaja,
3.      Permasalahan pada proses penyesuaian diri remaja,
4.      Implikasi penyesuaian diri remaja.


BAB II
PENYESUAIAN DIRI REMAJA
A.      Konsep dan Proses Penyesuaian Diri
1.       Pengertian Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri dalam bahasa aslinya dikenal dengan istilah adjustment atau personal adjustment. Schneiders berpendapat bahwa penyesuaian diri dapat ditinjau dari tiga sudut pandang, yaitu: penyesuaian diri sebagai adaptasi (adaptation), penyesuaian diri sebagai bentuk konfornitas (conformity), dan penyesuaian diri sebagai usaha penguasaan (mastery).
Pada mulanya penyesuaian diri diartikan sama dengan adaptasi (adaptation) , padahal adaptasi ini pada umumnya lebih mengarah pada penyesuaian diri dalam arti fisik, fisiologis, atau biologis. Misalnya, seseorang yang pindah tempat dari daerah panas ke daerah dingin harus beradaptasi dengan iklim yang terjadi di daerah dingin tersebut.
a.        Aspek-aspek Penyesuaian Diri
1)       Penyesuaian Pribadi
Penyesuaian pribadi adalah kemampuan individu untuk menerima dirinya sendiri sehingga tercapai hubungan yang harmonis antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya. Ia menyadari sepenuhnya siapa dirinya sebenarnya, apa kelebihan dan kekurangannya dan mampu bertindak obyektif sesuai dengan kondisi dirinya tersebut.
2)       Penyesuaian Sosial  
Penyesuaian sosial terjadi dalam lingkup hubungan sosial tempat individu hidup dan berinteraksi dengan orang lain. Hubungan-hubungan tersebut mencakup hubungan dengan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya, keluarga, sekolah, teman atau masyarakat luas secara umum. Dalam hal ini individu dan masyarakat sebenarnya sama-sama memberikan dampak bagi komunitas. Individu menyerap berbagai informasi, budaya dan adat istiadat yang ada, sementara komunitas (masyarakat) diperkaya oleh eksistensi atau karya yang diberikan oleh sang individu.

2.       Proses Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri lebih bersifat suatu proses sepanjang hayat (life long), dan manusia terus-menerus berupaya menemukan dan mengatsi tekanan dan tantangan hidup guna mencapai pribadi yang sehat.
Respon penyesuaian, baik atau buruk, secara sederhana dapat dipandang sebafai suatu upaya individu untuk mereduksi atau menjauhi ketegangan dan untuk memelihara kondisi-kondisi keseimbangan yang lebih wajar. Penyesuaian adalah sebagai suatu proses ke arah hubungan yang harmonis antara tuntutan internal dan tuntutan eksternal. Dalam proses penyesuaian diri dapat saja muncul konflik, tekanan, dan frustasi, membebaskan diri dari ketegangan.
Individu dikatakan berhasil dalam melakukan penyesuaian diri apabila ia dapat memenuhi kebutuhannyadengan cara-cara yang wajar atau apabila dapat diterima oleh lingkungan tanpa merugikan atau mengganggu lingkungannya.

3.       Karakteristik Penyesuaian Diri
a.       Penyesuaian Diri Secara Positif
Dalam melakukan penyesuaian diri secara positif, individu akan melakukannya dalam berbagai bentuk, antara lain:
1)       Penyesuaian menghadapi masalah secara langsung.
2)       Penyesuaian dengan melakukan eksplorasi (penjelajahan).
3)       Penyesuaian dengan trial dan error atau coba-coba.
4)       Penyesuaian dengan substitusi (mencari pengganti).
5)       Penyesuaian diri dengan menggali kemampuan diri.
6)       Penyesuaian dengan belajar.
7)       Penyesuaian dengan inhibisi dan pengendalian diri.
8)       Penyesuaian dengan perencanaan yang cermat.
b.       Penyesuaian Diri yang Salah
Ada tiga bentuk reaksi dalam penyesuaian diri yang salah, yaitu:
1.     Reaksi Bertahan (Defence Reaction). Individu berusaha untuk mempertahankan dirinya, seolah-olah tidak mengalami kegagalan.
         2.       Reaksi Menyerang (Aggressive Reaction). Reaksi-reaksinya tampak pada perilaku:
    a)      Selalu membenarkan diri,
    b)        Mau berkuasa dalam setiap situasi,
    c)        Mau memiliki segalanya, dan yang lainnya.
        3.       Reaksi Melarikan Diri (Escape Reaction). Orang yang memiliki penyesuaian diri yang salah         akan melarikan diri dari situasi yang menimbulkan kegagalannya, reaksinya tampak dalam             tingkah laku seperti berfantasi, banyak tidur, minum-minuman keras, bunuh diri,  menjadi              pecandu ganja, narkotika , dan regresi.

B.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Penyesuaian Diri
1.       Kondisi Jasmaniah
Kondisi jasmaniah merupakan kondisi primer yang penting bagi proses penyesuaian diri (sistem saraf, kelenjar otot) . Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gangguan-gangguan dalam sistem syaraf, kelenjar dan otot menimbulkan gejala-gejala gangguan mental, perilaku dan kepribadian. Kondisi sistem tubuh yang baik merupakan syarat bagi tercapainya proses penyesuaian diri yang baik. Kualitas penyesuaian diri yang baik hanya dapat diperoleh dan dipelihara dalam kondisi kesehatan jasmaniah yang baik pula.
2        Perkembangan Kematangan dan Penyesuaian Diri
Sesuai dengan hukum perkembangan, tingkat kematangan yang dicapai berbeda - beda antara individu yang satu dengan yang lainnya, sehingga pencapaian pola - pola penyesuaian diri pun berbeda pula secara individual. Pola penyesuaian diri akan bervariasi sesuai dengan tingkat perkembangan dan kematangan yang dicapainya. Kondisi - kondisi perkembangan mempengaruhi setiap aspek kepribadian seperti emosional, sosial, moral, keagamaan dan intelektual.
3.   Lingkungan Sebagai Penentu Penyesuaian Diri
a.  Rumah dan Keluarga
Keluarga merupakan satuan kelompok sosial terkecil. Interaksi sosial yang pertama               diperoleh individu adalah dalam keluarga. Kemampuan interaksi sosial ini kemudian akan         dikembangkan di masyarakat.
                 b. Hubungan Orang Tua dan Anak
      Pola hubungan antara orang tua dengan anak akan berpengaruh terhadap proses                           penyesuaian diri anak-anak. Beberapa pola hubungan yang dapat dipengaruhi adaptor diri                 antara lain:
             1)       Menerima ( acceptance ),
             2)       Menghukum dan disiplin yang berlebihan,
             3)       Memanjakan dan melindungi anak secara berlebihan.
             4)       Penolakan.
             5)       Hubungan saudara yang penuh persahabatan, saling menghormati, penuh kasih                       sayang, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk tercapainya penyesuaian yang               lebih baik, sebaliknya suasana permusuhan, perselisihan, iri hati, kebencian, dan                       sebagainya dapat menimbulkan kesulitan dan kegagalan penyesuaian diri.
                 c. Masyarakat
      Kondisi lingkungan masyarakat dimana individu berada merupakan kondisi yang                              menentukan proses dan pola-pola penguasaan diri. Kondisi studi menunjukan bahwa                        banyak gejala perilaku yang meyimpang bersumber dari kondisi masyarakat. Pergaulan                    yang salah dikalangan remaja dapat mempengaruhi pola-pola penyesuaian dirinya. Faktor                  kondisi lingkungan sosial yang tidak sehat atau "rawan", dapat merupakan faktor yang                      kondusif bagi anak / remaja untuk berperilaku menyimpang. Faktor masyarakat ini dapat                  dibagi dalam 2 bagian, yaitu pertama, faktor kerawanan masyarakat dan kedua, faktor                      daerah rawan (gangguan kamtibmas).
                d.  Sekolah
      Sekolah memiliki peranan sebagai media untuk mempengaruhi kehidupan intelektual,                        sosial, dan moral para siswa. Suasana disekolah baik sosial maupun psikologis                                menentukan proses dan pola penyesuaian diri. Disamping itu, hasil pendidikan yang                          diterima anak disekolah merupakan bekal bagi proses penyesuaian diri di masyarakat.

            4.  Kultur dan Agama Sebagai Penentu Penyesuaian Diri
 Lingkungan kultural dimana individu berada dan berinteraksi akan menentukan pola                          penyesuaian diri. Misalnya tata cara kehidupan di sekolah, di masjid dan semacamnya akan                mempengaruhi bagaimana anak menempatkan diri dan bergaul dengan masyarakat sekitarnya.            Agama memberikan suasana psikologis tertentu dalam mengurangi konflik, frustasi dan                    ketegangan lainnya. Agama memberi tuntunan, konsep dan filosofi hidup yang meyakinkan             dan benar. Oleh kepemilikan semua ini orang akan memperoleh arti hidup, kemana tujuan                 hidup, apa yang dicari dalam hidup ini dan bagaimana ia harus berperan dalam hidup sehingga            hidupnya di dunia tidak sia-sia.

C.      Permasalahan-Permasalahan Penyesuaian Diri Remaja
Diantara persoalan yang terpenting yang dihadapai remaja dalam penyesuaian diri yaitu:
1)    Hubungan remaja dengan orang dewasa terutama orang tua.
Disini sangat dipengaruhi oleh sikap orang tua dan suasana psikologis dan sosial dalam keluarga (kondisi lingkunan keluarga)
Orang tua yang otoriter akan menghambat perkembangan penyesuaian diri remaja, begitu juga perlindungan orang tua yang berlebihan juga berakibat tidak baik. Perpindahan tempat juga memiliki pengaruh yang kuat.
2)    Sekolah juga memiliki peran / pengaruh yang kuat dalam dalam perkembangan jiwa remaja.
     v      Kutub Keluarga (Rumah Tangga)
Dalam berbagai penelitian yang telah dilakukan, dikemukakan bahwa anak / remaja yang               dibesarkan dalam lingkungan sosial keluarga yang tidak baik / disharmoni keluarga, maka             resiko anak untuk mengalami gangguan kepribadian menjadi berkepribadian antisosial dan             berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan anak / remaja yang dibesarkan              dalam keluarga sehat / harmonis (sakinah).
Kriteria keluarga yang tidak sehat tersebut menurut para ahli, antara lain:
           a. Keluarga tidak utuh (broken home by death, separation, divorce)
           b. Kesibukan orangtua, ketidakberadaan dan ketidakbersamaan orang tua dan anak di             rumah
           c.    Hubungan interpersonal antar anggota keluarga (ayah-ibu-anak) yang tidak baik                  (buruk)
          d. Substitusi ungkapan kasih sayang orangtua kepada anak, dalam bentuk materi dari                   kejiwaan (psikologis).
   
    v      Kutub Sekolah
  Kondisi sekolah yang tidak baik dapat menganggu proses belajar mengajar anak didik,                   yang pada gilirannya dapat memberikan "peluang" pada anak didik untuk berperilaku                       menyimpang. Kondisi sekolah yang tidak baik tersebut, antara lain;    
        a.        Sarana dan prasarana sekolah yang tidak memadai
b.       Kuantitas dan kualitas tenaga guru yang tidak memadai
c.        Kualitas dan kuantitas tenaga non guru yang tidak memadai
d.       Kesejahteraan guru yang tidak memadai
e.        Kurikilum sekolah yang sering berganti-ganti, muatan agama / budi pekerti yang kurang
f.         Lokasi sekolah di daerah rawan, dan lain sebagainya.

v      Kutub Masyarakat (Kondisi Lingkungan Sosial)
Faktor kondisi lingkungan sosial yang tidak sehat atau "rawan", dapat merupakan faktor yang kondusif bagi anak / remaja untuk berperilaku menyimpang. Faktor kutub masyarakat ini dapat dibagi dalam 2 bagian, yaitu pertama, faktor kerawanan masyarakat dan kedua, faktor daerah rawan (gangguan kamtibmas ).

D.     Implikasi Proses Penyesuaian Diri Remaja Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
Masa remaja adalah masa dimana seorang remaja mencari jati dirinya. Masa remaja juga disebut masa emas (golden age). Namun, para remaja pada masa perkembangan dihadapkan dengan berbagai masalah, baik eksternal maupun internal. Masalah-masalah yang timbul pada masa remaja harus bisa di pahami oleh seorang pendidik, agar remaja tidak mengalami keterbelakangan mental. Karena remaja yang tidak mendapatkan bimbingan pada masa remaja, mereka akan cenderung melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar norma-norma kehidupan. Pemecahan masalah tersebut bisa di selesaikan dengan mengaitkan masalah-masalah tersebut dengan pena -didikan, baik pendidikan formal atau non-formal.
Masa perkembangan remaja juga ditandai dengan keinginan mengaktualisasikan segala ide pikiran yang dimatangkan selama mengikuti pendidikan. Mereka bersemangat untuk meraih keberhasilan. Oleh karena itu, mereka berlomba dan bersaing dengan orang lain guna membuktikan kemampuannya. Segala daya upaya yang berorientasi untuk mencapai keberhasilan akan selalu ditempuh dan diikuti. Sebab dengan keberhasilan itu, ia akan meningkatkan harkat dan martabat hidup mereka di mata orang lain.
Laju proses perkembangan perilaku dan pribadi remaja dipengaruhi oleh tiga faktor dominan adalah faktor bawaan (heredity), kematangan (maturation), dan ling-kungan (environment): termasuk belajar dan latihan (training and learning). Ketiga faktor dominan utama itu senantiasa bervariasiyang mungkin dapat menguntungkan, menghambat atau membatasi lajunya proses perkembangan tesebut.
Lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan jiwa remaja. Sekolah selain mengemban fungsi pengajaran juga fungsi pendidikan (transformasi norma). Dalam kaitannya dengan pendidikan ini, peran sekolah pada hakikatnya tidak jauh dari peran keluarga, yaitu sebagai referensi dan tempat perlindungan jika anak didik mengalami masalah.         
Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memperlancar proeses penyesuaian diri remaja khususnya di sekolah adalah:
a)      Menciptakan situasi sekolah yang dapat menimbulkan rasa "betah" (at home) bagi anak-anak didik, baik secara sosial, fisik maupun akademis.
b)       Menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi anak.
c)       Usaha memahami anak didik secara menyeluruh, baik prestasi belajar, sosial, maupun seluruh aspek pribadinya.
d)       Menggunakan metode dan alat mengajar yang menimbulkan gairah belajar.
e)       Menggunakan prosedur evaluasi yang dapat memperbesar motivasi belajar.
f)         Ruang kelas yang memenuhi persyaratan kesehatan.
g)       Peraturan / tata tertib yamg jelas dan dapat dipahami oleh siswa.
h)       Teladan dari para guru dalam hal pendidikan.
i)    Kerja sama dan saling pengertian dari para guru dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di sekolah.
j)         Pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan yang sbaik-baiknya.
k)      Situasi kepemimpinan yang penuh saling pengertian dan tanggung jawab baik pada murid maupun pada guru.
l)         Hubungan yang baik dan penuh pengertian antara sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat.
BAB III
PENUTUP
       A.    Kesimpulan
Manusia tidak dilahirkan dalam keadaan telah mampu menyesuaikan diri, maka penyesuaian diri terhadap lingkungan hidup, pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan proses yamg cukup unik. Penyesuaian diri dapat diartikan adaptasi, konformitas, penguasaan, dan kematangan emosional. Proses penyesuaian diri yang tertuju pada pencapaian keharmonisan antara faktor internal dan eksternal anak sering menimbulkan konflik, tekanan, frustasi, dan berbagai macam perilaku untuk membebaskan diri dari ketegangan.
Kondisi fisik, mental, dan emosional dipengaruhi dan diarahkan oleh faktor-faktor lingkungan di mana kemungkinan akan berkembang proses penyesuaian yang baik atau salah. Selain faktor lingkungan, faktor psikologis, kematangan, kondisi fisik, dan kebudayaan juga mempengaruhi proses penyesuaian diri.
Permasalahan-permasalahan penyesuaian diri yang dihadapi remaja dapat berasal dari suasana psikologis keluarga seperti keretakan keluarga. Selain itu permasalahan-permasalahan penyesuaian akan muncul bagi remaja yang sering pindah tempat tinggal.
Lingkungan sekolah juga memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan jiwa remaja. Sekolah selain megemban fungsi pengajaran juga fungsi pendidikan. Di sekolah, guru hendaknya dapat bersikap yang lebih efektif, seperti adil, jujur, menyenangkan dan sebagainya sehingga siswanya akan merasa senang dan aman bersamanya.

        B.     Saran
Menurut kelompok kami seharusnya orang tua memahami kondisi remaja anaknya sehingga orang tua bisa mengarahkan anak remajanya menuju penyesuaian diri yang tepat. Selain itu orang tua juga harus peduli dengan semua faktor berpengaruh pada proses penyesuaian diri remaja.


DAFTAR PUSTAKA

Mulyani, S. 2008. Perkembangan Peserta Didik . Jakarta: Universitas Terbuka.
Anonim. 2013 Penyesuaian Diri Remaja. http://meccunindra.blogspot.com . Diakses pada tanggal 03 Naret 2013 Makasssar.

0 comments:

Post a Comment