Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Monday, 3 June 2013

On 13:16 by Unknown in ,    No comments
A.    PERKIRAAN MASYARAKAT MASA DEPAN
Pemahaman tentang keadaan masyarakat masa depan sangat penting sebagai latar depan segala kebijakan dan upaya pendidikan masa kini dan masa yang akan datang. Kajian masyarakat masa depan itu semakin penting jika diingat bahwa pendidikan selalu merupakan penyiapan peserta didik bagi peranannya di masa yang akan datang. Dengan demikian, pendidikan seharusnya selalu mengantisipasi keadaan masyarakat masa depan.
1.     Kecenderungan Globalisasi
Istilah globalisasi (asal kata: global yang berararti secara umumnya, utuhnya, kebulatannya) bermakna bumi sebagai satu keutuhan seakan akan tanpa tapal batas administrasi negara, dunia menjadi amat transparan, serta saling ketergantungan antar bangsa didunia semakin besar; dengan kata lain: “menjadikan dunia sebagai satu keutuhan, satu kesatuan”. Menurut Emil Salim terdapat empat bidang kekuatan gelombang globalisasi yang paling kuat dan menonjol daya dobraknya, yakni bidang IPTEK, ekonomi, lingkungan hidup, dan pendidikan.
a)      Bidang Iptek yang mengalami perkembangan semakin dipercepat, utamanya penggunaan berbagai teknologi canggih seperti komputer dan satelit.
b)      Bidang ekonomi yang mengarah ke ekonomi regional dan atau ekonomi global tanpa mengenal batas-batas negara.
c)      Bidang lingkungan hidup telah menjadi bahan pembicaraan dalam berbagai peremuan tingkat Internasional.
d)     Bidang pendidikan dalam kaitannya dengan identirtas bangsa termasuk budaya nasional dan budaya-budaya nusantara. 
2.     Perkembangan IPTEK
Perkembangan iptek yang semakin cepat dalam era globalisasi merupakan salah satu ciri utama dari masyarakat masa depan. Percepatan perkembangan iptek tersebut terkait dengan landasan ontologis, epistemologis, dan aksiologis.
3.     Perkembangan Arus Komunikasi yang Semakin Padat dan Cepat
Kemajuan teknologi telah mendorong perubahan masyarakat dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Dan di Indonesia terjadi perubahan yang serentak dari masyarakat pertanian ke masyarakat industri dan masyarakat informasi. Perkembangan komunikasi dengan arus informasi yang semakin padat dan akan dipercepat di masa depan, mencakup keseluruhan unsur-unsur dalam proses komunikasi tersebut.
4.     Peningkatan Layanan Profesional
Salah satu ciri penting masyarakat masa depan adalah meningkatnya kebutuhan layanan profesional dalam bidang kehidupan manusia. Karena perkembangan iptek yang makin cepat serta perkembangan arus informasi yang semakin padat dan cepat, maka anggota masyarakat masa depan semakin luas wawasan dan pengetahuannya serta daya kritis yang semakin tinggi. Oleh karena itu, manusia masa depan tersebut makin menuntut suatu kualitas hidup yang lebih baik, termasuk berbagai layanan yang dibutuhkannya. Layanan diberikan oleh pemangku profesi tertentu, atau layanan profesional, akan semakin penting untuk kebutuhan masyarakat tertentu.
B.    ­UPAYA PENDIDIKAN DALAM MENGANTISIPASI MASA DEPAN
Pengembangan pendidikan dalam masyarakat dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematik-sistematis. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan negara dalam masa yang akan datang.
1.     Tuntutan bagi Manusia Masa Depan (Manusia Modern)
Setiap upaya manusia untuk menyesuaikan diri terhadap konstelasi dunia pada masanya (pada masa lampau, kini, akan datang) adalah proses modernisasi sebagai perkiraan masyarakat masa depan. Tuntutan manusia Indonesia di masa depan diarahkan kepada pembekalan kemampuan yang sangat diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dimasa depan tersebut. Beberapa diantaranya seperti ketanggapan terhadap berbagai masalah sosial, politik, kultural, dan lingkungan, kreativitas didalam menemukan alternatif pemecahannya, efisiensi dan etos kerja yang tinggi.
2.     Upaya Mengantisipasikan Masa Depan
a.   Perubahan Nilai dan Sikap
Perubahan nilai dan sikap dalam rangka mengantisipasi masa depan haruslah diupayakan sedemikian rupa sehingga dapat diwujudkan keseimbangan dan keserasian antara aspek pelestarian dan aspek pembaruan. Pendidikan harus selalu menjaga secara seimbang pembentukan kemampuan mempertanyakan, disamping kemampuan menerima dan mempertahankan. Keserasian dan keselarasan antara pelestarian dan pembaruan nilai dan sikap akan memberi peluang keberhasilan menjemput masa depan itu.
b.   Pengembangan Kebudayaan
Salah satu upaya penting dalam mengantisipasi masa depan adalah upaya yang berkaitan dengan pengembangan kebudayaan dalam arti luas, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan sarana kehidupan manusia. Dewasa ini, kita tidak mungkin menutup diri terhadap pengaruh kebudayaan lain. Oleh karena itu, yang dibutuhkan adalah memperkuat ketahanan budaya, sehingga dapat memanfaatkan pengaruh positif serta menghindari pengaru negatif dari kebudayaan tersebut.
c.   Pengembangan Sarana Pendidikan
Khusus untuk menyongsong era globalisasi yang makin tidak terbendung, terdapat beberapa hal yang secara khusus memerlukan perhatian dalam bidang pendidikan. Santoso S. Hamijoyo mengemukakan lima strategi dasar dalam era globalisasi tersebut yaitu:
1)      Pendidikan untuk pengembangan iptek dipilih terutama dalam bidang yang vital. Seperti manufakturing pertanian.
2)      Pendidikan untuk pengembangan keterampilan manajemen, termasuk penguasaan bahasa asing.
3)      Pendidikan untuk pengolahan kependudukan, lingkungan, keluarga berencana, dan kesehatan sebagai penangkal terhadap menurunnya kualitas hidup dan hancurnya sistem pendukung kehidupan manusia.
4)      Pendidikan untuk pengembangan sistem nilai.
5)      Pendidikan untuk mempertinggi mutu tenaga kependidikan dan pelatihan.








SOAL

1.    Dibawah ini hubungan yang tepat pada bidang yang sedang menjadi kekuatan gelombang globalisasi yang paling kuat dan menonjol daya dobraknya adalah . . .
a.       Bidang Iptek dalam kaitannya dengan identirtas bangsa termasuk budaya nasional dan budaya-budaya nusantara.
b.      Bidang lingkungan hidup yang mengarah ke ekonomi regional dan atau ekonomi global tanpa mengenal batas-batas Negara.
c.       Bidang pendidikan yang mengalami perkembangan semakin dipercepat, utamanya penggunaan berbagai teknologi canggih seperti komputer dan satelit.
d.      Bidang ekonomi yang mengalami perkembangan semakin dipercepat, utamanya penggunaan berbagai teknologi canggih seperti komputer dan satelit.
e.       Bidang pendidikan dalam kaitannya dengan identirtas bangsa termasuk budaya nasional dan budaya-budaya nusantara.
JAWAB: E
2.        Salah satu ciri penting masyarakat masa depan adalah . . .
a.       Meningkatnya kebutuhan layanan profesional dalam bidang kehidupan manusia.
b.      Perkembangan komunikasi dengan arus informasi yang semakin padat.
c.       Perkembangan iptek yang semakin cepat
d.      Saling ketergantungan antar bangsa didunia semakin besar
e.       Pengembangan pendidikan dalam masyarakat dalam masyarakat berubah dengan cepat.
JAWAB: A
3.        Tuntutan manusia Indonesia di masa depan diarahkan kepada . . .
a.       Menyesuaikan diri terhadap konstelasi dunia pada masanya.
b.      Pembentukan karakter yang anti terhadap asimilasi kebudayaan karena dapat menghilangkan identitas kebudayaan bangsa
c.       Pembekalan kemampuan yang sangat diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dimasa depan.
d.      Mengadakan filterisasi terhadap kemajuan IPTEK
e.       Mencari sarana untuk mendukung kemajuan di era Global.
JAWAB: C
4.        Berikut merupakan upaya-upaya untuk mengantisipasikan masa depan adalah …
a.       Mempertahankan Nilai dan Sikap
b.      Pengembangan teknologi
c.       Pengembangan Sarana Pendidikan
d.      Penanaman kebudayaan
e.       Pemantapan nilai dan norma
JAWAB: C
5.        Santoso S. Hamijoyo mengemukakan lima strategi dasar dalam era globalisasi, kecuali . . .
a.       Pendidikan untuk pengembangan iptek dipilih terutama dalam bidang yang vital.
b.      Pendidikan untuk pengembangan keterampilan manajemen, termasuk penguasaan bahasa asing.
c.       Pendidikan untuk pengembangan sistem nilai
d.      Pendidikan untuk mempertinggi mutu tenaga kependidikan dan pelatihan.
e.       Pendidikan untuk pengolahan kependudukan, lingkungan, keluarga berencana, dan kesehatan sebagai penangkal terhadap kemajuan teknologi.
JAWAB: E

0 comments:

Post a Comment