Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Sunday 2 June 2013

On 11:20 by Unknown in , , ,    No comments
Waktu, adalah suatu yang dapat mengelabui jika tak dapat dikuasai. Waktu juga membutuhkan perhatian, bukan hanya pacarJ. Jika anda telah memperhatikan waktu anda, maka segala aktivitas anda akan mendapat dukungan dari waktu. Tak banyak mahasiswa yang dapat mengefisiensikan waktunya, malah banyak yang terbuang sia-sia melalui kegiatan yang tidak bermanfaaat diluar kegiatan kuliah di kampus. Kasus yang banyak terjadi misalnya memanfaatkan waktu dengan bermain game atau facebook selama berjam-jam, bahkan ada juga yang menggunakan waktu kosongnya dengan tidur, berjam-jam pula, dengan alasan untuk menghilangkan lelah dan kepenatan. Ini tidak dapat dijadikan alasan, bilang aja karena malasJ. Nah, agar mahasiswa tahu bagaimana tips menjaga/memanajemen waktu, disini kami ingin berbagi sedikit dari seribu tips yang ada:

1.      Menafikkan hal-hal atau kegiatan yang tidak bermanfaat. Dengan melakukan hal ini, maka kita akan termotivasi untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

2.      Menanamkan tekad dan keihlasan dalam hati. Tekad harus kita miliki agar timbul stimulun dalam diri untuk konsisten tidak menyia-nyiakan setiap momen.

3.      Menetapkan jadwal atau schedule aktivitas sehari-hari. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan kita terstruktur atau termanage dalam sebuah jadwal yang membuat kita senantiasa berusaha untuk menepatinya.

4.      Menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan positif. Dengan membiasakan diri mengisi waktu dengan aktivitas bermanfaat, akan membuat kita melupakan masa kelamJ menggiatkan hal-hal yang membuang-buang waktu.

5.      Membuat target. Dengan target atau visi, akan ada tolak ukur kita dalam melakukan sesuatu.

Semua yang telah disebutkan diatas harus selaras, tidak berjalan sendiri-diri. Namun yang harus diperhatikan adalah kita harus berkomitmen terlebih dahulu untuk konsisten menjalakannya.

0 comments:

Post a Comment