Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Friday 12 July 2013

On 23:03 by Unknown in ,    No comments
Dunia internet semakin ramai, salah satunya adalah dunia blogging. Kebutuhan akan informasi menjadi latar belakang berdirinya berbagai blog yang dengan salah satu semboyan terkenalnya adalah “berbagi ilmu”. Bagi si empunya blog, blog juga tidak hanya dijadikan sebagai penyedia informasi, tapi juga sebagai sumber ekonomi yang didapatkan dari pemasangan iklan.
Rentetan problematika tersebut membuat banyak orang berkeinginan untuk mengelola blog. Namun ada saja kendala mulai dari minimnya pengetahuan sampai pada tidak adanya pengetahuan sedikitpun bagaimana membuat blog. Maka kami akan berbagi ilmu kepada pembaca tentang cara dan kiat membuat dan mengelola blog di Blogger. Tapi dalam postingan ini kami hanya akan berbagi cara membuat blog. Untuk memperindah blog dan mengelolanya akan kami terbitkan di postingan selanjutnya.

Cara Membuat Blog
1.    Syarat utama dan pertama untuk membuat blog adalah anda harus memiliki email dari google, yakni gmail. Jika belum, anda harus mendaftar terlebih dahulu, dengan mengetik gmail di search engine google.
2.   Setelah email gmail anda terbentuk, masuk di www.blogger.com, kemudian masukkan alamat email gmail anda beserta passwordnya, kemudian klik “Buat Blog Anda” di pojok kanan atas layar blogger.
3.   Masukkan Judul Blog anda. Judul blog anda nantinya akan menjadi header blog anda. Misalnya: Pada blog saya adalah “Rustam Hafids Blog”.
4.   Masukkan alamat blog pilihan anda, misalnya adalah pada alamat blog saya “rustamhafid.blogspot.com”.
5.   Untuk selanjutnya adalah pilih template standar yang tersedia dibawah pilihan judul dan alamat blog pilihan, ikuti perintah selanjutnya.
6.    Kemudian klik “Buat Blog”.
7.   Untuk melihat tampilan blog baru anda, klik “lihat blog” pada layar bagian atas halaman blogger anda.

Dan Blog anda telah terbentuk dan anda dapat melakukan postingan baru pada blog baru anda, dengan langkah-langkah:
1.    Klik icon pensil pada halaman blogger, atau dengan mengklik judul blog anda dan klik “Buat entri baru”
2.   Ketikkan atau masukkan informasi yang ingin anda publikasikan di halaman, dan klik “publikasikan” pada atas halaman ketikan.
3.   Akan muncul jendela share dengan mengklik “bagikan”.
4.   Postingan anda dapat anda lihat dengan mengklik “lihat blog”
Sebelum melihat postingan, anda harus menambah lingkaran/teman pada email gmail anda agar postingan anda dapat diketahui oleh teman gmail anda.
Untuk memperindah, menambah gadget blog dan mengelolanya akan kami terbitkan pada postingan selanjutnya. Jika ada pertanyaan atau masukan, silahkan memberikan komentar ya, terima kasih.

0 comments:

Post a Comment