Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Saturday 13 September 2014

On 11:26 by Unknown in ,    No comments
Ketika ada artikel atau dokumen penting yang dicari ternyata situs download nya telah terblokir, entah oleh hacker, virus atau yang lainnya, tentu kita akan dibuat kesal dan geram, diibaratkan ikan yang telah ditarik naik lepas dari tali pancingan.

Hal serupa juga pernah terjadi pada ane. Saat itu ane mencoba untuk mendownload software kuliah yang direkomendasikan oleh dosen ane. Dari sekian banyak laman blog, ada satu blog yang dalam google terlihat memuat software tersebut, dan buju buneng,, ternyata situs tersebut telah diblokir dengan alasan yang tertera karena situs tersebut mengandung salah satu black campaign dalam salah satu ajang pemilihan umum.

Coba ane telusuri rumah bang google, dan banyak solusi yang ditawarkan. Mayoritas solusi yang ane temukan adalah dengan menggunakan proxy, mulai dari CGI Proxy, dan yang lainnya. Namun ternyata cara tersebut belum berhasil karena ada bagian artikel yang belum dapat dimunculkan. Ada juga solusi lain yakni dengan menggunakan laman "Hyde My Ass", namun bermasalah ketika hendak mendownload file tersebut. 

Dan akhirnya ane nemuin salah satu jurus ampuh, yakni dengan menggunakan add ons browser yang bernama "Anonymox". Add ons ini hanya terdapat pada browser Mozilla Firefox, dan untuk Google Chrome ane belum nemuin. 
Add ons ini bekerja dngan cara mengubah IP adress PC kita agar menghindari konten blokir yang sengaja dibuat oleh pihak tertentu dalam negara kita atau lembaga tertentu.

Untuk mendownloadnya, agan harus menggunakan browser mozilla firefox, dan unduh add ons nya disini

Cara menginstall:
1. Unduh add ons nya pada link diatas,dengan cara mengklik "add to mozilla"


2. Akan muncul jendela download seperti di bawah ini, dan agan tinggal menunggu sampai selesai


 3. Setelah download selesai, akan muncul perintah "install now", dan klik perintah tersebut


 4. Muncul jendela "Restart Now", klik untuk memulai ulang mozilla firefox agan,



5.  Cobalah untuk membuka add ons mozilla firefox untuk memastikan bahwa "Anonymox" telah terinstall, dengan cara buka menu bar mozilla yang biasanya terletak di pojok kiri atas firefox, pilih - add-ons, klik "extension" dan pastikan Anonymox telah terpasang seperti padda gambar dibawah:



6. Silahkan membuka situs yang pada awalnya terblokir, dan Insya Allah akan teratasi

Sekian tips singkat dari ane, semoga digunakan untuk yang bermanfaat (di tahu kan maksud ane).
Jika ada pertanyaan atau kritikan silahkan memberi komentar pada laman comment di bawah postingan ini.

0 comments:

Post a Comment