Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Monday 8 September 2014

Sudah jauh-jauh dari rumah dengan niat ingin bermain hotspot, eh malah setelah di konekkan ke wifinya malah nggak mau connect,,, pasti masalah diatas akan membuat agan sakit kepala bukan karuan.. tiada jalan lain yang terlintas di pikiran, pasti maunya inul melulu..\
(inul=install ulang).

Kejadian diatas pernah ane alami saat sedang bermain disebuah hotspot yang menyediakan wifi speedy, jarak hotspot jauh banget dari rumah ane, sehingga saat kompi ane nda mau connect ke wifinya, ane nyaris pingsan..( hh lebay)

Masalah ini biasanya terjadi pada wifi yang disediakan oleh telkomsel speedy, dan biasanya muncul dengan tulisan "you can't connect to this wireless" atau penampakan lain seperti limited access atau sambungan terbatas pada notification area wifi kompi kita.
Saat mendapat masalah ini, ane coba cakar-cakar rumah bang google, dan banyak sekali solusi yang disuguhkan namun nggak ada yang mustajab, sampai ane ketemu solusi terakhir dari salah satu situs.
Dalam kata lain, solusi ini sebagai kesimpulan penelusuran ane.

Solusi untuk agan yang mengalami masalah seperti ane adalah dengan menguninstall driver adapter wifi kompi agan, dan coba menginstall ulang drivernya dengan menggunakan driver pack atau kaset driver yang menemani kompi agan saat pertama kali di beli.

Cara menguninstall adapter wifi adalah sebagai berikut:
1. Buka device manager agan:
    Klik kanan "My Computer" dan pilih "manage"
                          akan muncul
                          
Klik "Device Manager, biarkan device manager mendeteksi driver yang terinstall pada kompi agan
sekitar 10 detik

2. Cari "Wirelless Adapter" atau "Adapter Jaringan" dan klik agar daftar drivernya terlihat (1)
Driver wireless agan akan terbaca dan pilih sesuai driver wireless yang terinstall di kompi agan, jika pada kompi ane ada pada step (2) yang bergaris bawah

3. Klik kanan driver ini dan pilih uninstall, dan jika muncul jendela konfirmasi maka pilih yes, dan untuk sementara wireless agan akan kosong.

4. Coba unduh driver wireless sesuai spesifikasi kompi agan atau install yang terdapat pada kaset driver yang disertakan sat agan baru membeli kompi agan.
Berikut ane kasih link Driver semua jenis laptop, dan pilih sesuai spesifikasi kompi agan, spesifikasi bit, dan windows yang agan gunakan.
5. Setelah driver wireless kompi agan telah terdownload dan terinstall, pastikan bahwa wireless wifi kompi terbaca, dan cobalah untuk menconnect-kan kembali pada si wi-fi, dan

Insya Allah akan kembali terbaca..:)

Sekian postingan ane gan, jika ada pertanyaan silahkan beri komentar di laman ini,,,

8 comments:

  1. Klo limited itu ya dari modem wifinya om yg bermasalah, bkn device kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul itu.. ada alat tambahan lagi buat modem hotspot.. atau melakukan reset hotspot.. komputer tidak bermasalah.

      limited access ip mengalami gangguan.
      atau di batasi akses oleh pemilik hotspot.
      contoh simple: anda menggunakan jasa hotspot mikrotik tetangga dalam satu hari anda di beri akses 4giga dalam kecepatan rate 34Mbps dan berlaku di channel 1 atau 2. perhitungan.
      ketika channel 1 full maka akan terjadi pembatalan TCP masalah ip rusak dan tidak terbaca.. harus anda melakukan reset ulang pada hotspot. atau berpindah channel.

      hotspot default memiliki 6 channel setiap channel terhubung 50 ipaddress .
      ketika channel tersebut full maka ipaddress anda akan sulit terbaca.

      Delete
  2. Trima kasih banyak ya mas..
    Bener2 jitu

    ReplyDelete
  3. bagi yg ga bisa liat di video ini https://www.youtube.com/watch?v=Bdh-62iHLCE
    awalnya pas udah selesai di ikutin masih limited tapi pas gw matiin laptop n gw tinggal tidur, bangun2 nyalain laptop dah bisa
    semoga ngebantu yg ga bisa

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tipsnya, tambahan untuk yg masih belum bisa coba uninstall software hotspot tetthering (ex: connectify) jika ada.

    ReplyDelete
  5. Gmn mau ngunduh klw internetny aj nggk bsa nymbng -_-

    ReplyDelete
  6. so pasti, makanya mengunduhnya pakai laptop lain..

    ReplyDelete
  7. Laptop ane konek ke tethering hotspot hp bisa, tapi ke speedy rumah ga bisa -_- sementara hp ane bisa konek ke wifi speedy rumah. Jadi bingung problemnya di laptop ane apa di modem speedynya

    ReplyDelete