Catatan Perjalanan Hidup Seorang Pemuda Muslim

Friday 5 September 2014

On 22:56 by Unknown in    No comments
Jumpa lagi gan, kali ini ana akan berbagi info dan tips seputar hobi ana yang lain selain blogging, yakni desain grafis. 

Mungkin agan-agan sekalian sudah tidak asing dengan istilah desain grafis, yah betapa tidak hampir disemua instrumen kehidupan agan akan menjumpai objek desain grafis ini, sebut saja desain kaos, spanduk, baliho caleg, dan masih banyak lagi. Bahkan desain grafis menjadi trending topic dalam dunia IT. 

Desain grafis kini telah dijadikan bisnis yang cukup menjanjikan oleh para tokohnya karena banyaknya pesanan di pasaran, terutama pada saat pilkada, pilleg atau pil-pil yang lainnya.

Ane memulai hobi ini dimulai dahulu dengan mengagumi semua product desain grafis, yakni desain poster yang banyak terpampang di mading-mading kampus ane. Nah, dari kekaguman ini akan melahirkan penasaran dan kecintaan pada objek tersebut.

Maka dari itu gan, ane ingin berbagi sedikit tips jika agan-agan ingin menjadi seorang desain-er, berikut tipsnya ane tuang aja kedalam paragraf, not poin to poin.

Sebagaimana pada ane, jika ingin memulai untuk menjadi seorang desain grafis-er, agan harus memperbanyak tatapan pada hasil karya desain grafis, sebagai contoh pada poster dan pamflet yang ada di mading dan tempat lainnya. Jika agan terus menerus melakukan langkah ini, akan muncul rasa suka pada objek ini yakni desain grafis (mirip pepatah cinta gan, dari mata turun kehati...:)). Jika agan mulai merasa nge-fans pada desain, maka agan harus merawatnya dengan mencoba untuk mencari tempat belajar untuk mengasah kemahiran, contohnya pada pelatihan desain grafis, internet atau melakukan pendekatan dengan senior desainer grafis. 

Mencari referensi dapat agan lakukan jika agan telah memiliki kemampuan untuk mendesain, contohnya dengan mengunjungi situs-situs belajar desain grafis, bergabung dengan group desain grafis di facebook, dan lain sebagainya. Karena dengan terus meng up-date referensi kita, maka kreatifitas kita juga akan bertambah karena mendapat suntikan penyemangat dan pembaharuan (bahasa kerennya telah di up-grading).
Itulah tips ketika agan telah merasa mendapatkan chemistri dengan hobi ini.
Situs yang bisa agan kunjungi adalah devianart atau, dan group facebook yang desainnya mentereng adalah "MDC (Muslim Designer Community)

Namun ada hal lain yang agan tidak dapat lepas dari desain grafis, yakni software atau perangkat lunak pada komputer.

Para desainer grafis senior bahkan ada yang menggabungkan lebih dari satu software untuk menghasilkan hasil karya desain yang cetar membahana. Namun wong namanya desainer pemula, maka agan cukup menggunakan satu software saja.

Software tersebut dapat agan unduh di link ini

Software yang ane rekomendasikan adalah CorelDRAW, karena memiliki tools yang mudah dan jendela yang friendly watch. Selain itu jika dibandingkan dengan software desain grafis lain seperti photoshop, CorelDRAW lebih mudah dipelajari, ane jamin (suwer sumpah gan:) hahah lebay). 

Sampai disini dulu postingan ane dulu ya gan, insyaAllah pada postingan selanjutnya ane akan mengajak agan untuk berkenalan dengan CorelDRAW,, 

Misi,.......

0 comments:

Post a Comment